Rabu, 18 Mei 2016

BPNB Aceh Gelar Lawatan Sejarah Daerah 2016 di Kampung Halaman Sisingamangaraja XII


Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh (BPNB Aceh) kembali menggelar   Lawatan Sejarah Daerah (LASEDA). Tujuannya mengenalkan  ragam kisah, objek, dan latar peristiwa sejarah daerah guna meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai kesejarahan kepada generasi muda. Tahun 2016 ini LASEDA dilaksanakan dengan melawat jejak-jejak sejarah dan budaya di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut) selama 4 hari mulai tanggal 22-25 Mei mendatang.


Kepala BPNB Aceh Irini Dewi Wanti menjelaskan  Humbang Hasundutan dipilih menjadi lokasi LASEDA ke-14 ini karena kabupaten ini memiliki sejumlah objek sejarah dan budaya yang bernilai strategis dalam rangka merajut memori kolektif kebangsaan, khususnya di kalangan anak-anak muda.


Jumlah peserta LASEDA 2016 ini, lanjut Rini sebanyak 50 orang yang terdiri dari siswa SMA/SMK/MA dan guru dari Aceh dan Sumut.


“Bentuk kegiatannya berupa tur sejarah ke sejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Humbang Hasundutan yang merupakan  kampung halaman Sisingamangaraja XII, Pahlawan Nasional dari Sumut,” terang perempuan berhijab ini.


Objek sejarah dan budaya yang akan dikunjungi peserta LASEDA 2016 antara lain Kompleks Istana Sisingamangaraja di Bakkara, Situs Taman Bumi Toba Tombak Sulu-sulu di Marbun, dan ke Mata air kehidupan masyarakat Batak Aek Sipangolu di Bakkara.


Selain itu ke Kampung Tradisional Batak Lumban Manalu di Tipang, Air Terjun Janji di Tipang, Pasar Kemenyan Dolok Sanggul, dan ke pulau-pulau di seberang Bakkara.


Kegiatan bertema "Merajut Simpul-Simpul Keindonesiaan di Humbang Hasundutan: Kekayaan Kisah Perjuangan, Sejarah, Alam, dan, Kebudayaan" ini tidak hanya bersifat rekreasi semata.


Disamping melawat ke sejumlah objek sejarah dan budaya, lanjut Rini peserta juga akan mengikuti Sesi Belajar Sejarah sesuai tema LASEDA 2016 yang menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten seperti  St. H. Sinambela yang akan membawakan materi berjudul “Kisah Bakkara dan Sisingamangaraja XII”,  Dr. Taufik Hanafi (Penting Belajar Sejarah), Lucas P. Kestoro, DEA (Arkeologi Kebudayaan Batak), dan  Ir. Alimin Ginting  dengan makalah bertajuk “Kekayaan Sejarah Alam: Taman Bumi Toba”.


“Mereka juga akan mendapatkan informasi langsung dari sejumlah narusumber di lapangan atau di setiap objek sejarah dan budaya yang akan dikunjungi maupun dari intansi terkait,” papar Rini.


Rini berharap lewat kegiatan ini peserta LASEDA 2016 dapat menyerap pengetahuan tentang ilmu kesejarahan dan mengambil hikmah dari lawatan atau tur sejarah.


“Diharapkan mereka mendapatkan pengalaman belajar budaya kelompok lain secara langsung agar perasaan saling memahami, empati dan solidaritas dapat tumbuh secara sehat yang kemudian dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” terang Rini.


Dalam buku panduan LASEDA 2016 menyebutkan dana kegiatan ini bersumber dari DIPA BPNB Aceh tahun 2016 dan dukungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang bersifat tidak mengikat.


Terdaftar pula nama-nama SMA/SMK berikut jumlah murid dan guru pendamping dari Sumut dan Aceh yang mengikuti LASEDA 2016 sebanyak 50 orang termasuk instansi terkait, yakni SMA/SMK dari Humbang Hasundutan, SMA Plus Matauli Pandan Tapanuli Tengah, SMAN 1 Sorkam Tapanuli Tengah, SMAN 1 Gunungsitoli, SMA Plus Soposurung Balige Toba Samosir, SMK Kesehatan Sahata Pematangsiantar, SMAN 2 Pematangsiantar, SMA/SMK dari Samosir dan dari  Tanjung Balai.

Sementara dari Aceh antara lain SMA/SMK/MA dari Banda Aceh,  Sabang, Lhokseumawe, Aceh Tenggara,  Subulussalam, dan SMA/SMK dari Aceh Tamiang.


Peserta terbanyak tentu saja dari Kabupaten Hasudutan, berjumlah 8 orang, sedangkan lainnya rata-rata 2  hingga 5 orang.


Menurut Rini setiap peserta LASEDA 2016 harus mematuhi semua petunjuk dan tata tertib yang sudah ditentukan baik tertulis maupun lisan, antara lain tidak boleh keluar dari hotel dan rombongan tanpa seizin panitia, selalu menjaga kebersihan demi kesehatan dan kebugaran selama dalam perjalanan, serta wajib berpakian sopan, bersih, dan wangi.


”Aturan lainnya setiap peserta tidak boleh merokok dan melakukan hal-hal yang terlarang, baik dalam bus selama dalam perjalanan maupun di kamar penginapan. Tidak mengonsumsi minuman keras dan memakai obat-obatan terlarang selama kegiatan. Tidak boleh pula melakukan kegiatan di luar jadwal yang telah ditetapkan panitia. Intinya setiap peserta wajib mengikuti semua acara yang telah dijadwalkan,” tegas Rini.


Rini menambahkan BPNB Aceh merupakan media Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang bertugas memberikan penyegaran, pengalaman belajar sejarah kelompok lain secara bersama-sama di tempat serentet peristiwa sejarah berlangsung, dengan maksud untuk mengukuhkan ikatan perasaan dan kesadaran sejarah itu di kalangan anak-anak muda.


"Dan LASEDA yang digelar  BPNB Aceh setiap setahun sekali ini, merupakan salah satu kegiatan unggulan di sebelas BPNB se-Indonesia," tandas Rini.


Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)
Foto: adji & dok.pecintawisata

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Tuan/Puan.

    Saya mohon maaf pada Tuan/Puan untuk boleh iklan sedikit disini, semoga kebaikan hati Tuan/Puan untuk memberi izin iklan ini, menjadi amal ibadah disisi Allah SWT hendaknya amiin….

    Salam dari Kita Holidays Travel & Tour Indonesia.
    Kalau Tuan/Puan nak melawat ke Indonesia, jangan risau hati sila hubungi :

    KITA HOLIDAYS TRAVEL & TOUR INDONESIA
    Tour operator & Travel Agency

    Apa bila Tuan/Puan ingin melawat bersama family atau rakan-rakan kat Padang - Bukittinggi dan memerlukan kenderaan jangan risau hati, KITA HOLIDAYS INDONESIA menyediakan PAKET TOUR dan PENGKHIDMATAN KENDERAAN dengan harga yang sangat berpatutan, dan dengan driver yang mesra, educated, baik hati,sopan dan sudah lama berpengalaman dalam memberikan pelayanan pada pelancong dari Malaysia. Menjadikan lawatan Tuan/Puan sangat berbaloi dan bermakna.

    Contact person :
    RIKO ADRYANSYAH

    Mobile : +62 813 6565 4104 ( WhatsApp )
    E_mail : riko_kitaholidays@yahoo.com
    Blog : http://kitaholidays.blogspot.co.id/
    FB :https://www.facebook.com/riko.kitaholidays

    Wassalam

    BalasHapus
  2. HORAS … !!! JOM KE MEDAN … !!! JOM KE DANAU TOBA … !!!
    SALAM KENAL TUAN AND PUAN . MINTA IZIN NAK IKUT PROMOTE KAT BLOG TUAN / PUAN

    PERKENALALKAN KAMI DARI AGENCY PELANCONGAN TIARA TOURS INDONESIA. KAMI ADALAH AGENCY PELANCONGAN YANG BER LICENSED DAN PROFESSIONAL. KAMI MENAWARKAN PAKEJ – PAKEJ MELAWAT MURAH KE MEDAN, DANAU TOBA, BERASTAGI DAN TEMPAT – TEMPAT SHOPPING MURAH DI BANDAR MEDAN.

    PAKEJ LAWATAN LAINNYA KE PADANG, BUKIT TINGGI, BANDA ACEH, PULAU SABANG, JAKARTA , BANDUNG, JOGYAKARTA , BALI, LOMBOK, MAKASAR, BUNAKEN, MENADO, TORAJA.

    PAKEJ DITEMPAH SANGAT MENARIK, HEMAT DAN LAYANAN BEST. PILIHAN HOTEL DAN BILIK BERSIH, MAKANAN MENU MELAYU / MOSLEM RESTAURAT (100 % HALAL ) DAN BERPASAL PERHIKMATAN KAMI DISOKONG BEBERAPA UNITS KERETA BARU DAN BUS PERSIARAN.

    DISINI KAMI BAGIKAN PAKEJ MELAWAT KE MEDAN DAN KE DANAU TOBA
    PROGRAM 04 HARI / 03 MALAM ( FULL SERVICE )
    TAK ADA EXTRA BAYAR.
    TAK ADA TIPU – TIPU !!!
    HARGA PAKEJ 04 HARI / 03 MALAM MYR : 380 (10 ORANG )
    HARGA PAKEJ 03 HARI / 02 MALAM MYR : 275 (10 ORANG )

    ITINERAY :

    DAY 1 : ARRIVAL – SIANTAR – PARAPAT
    ARRIVAL AT KUALANAMU INTERNATIONAL AIRPORT. AFTER CUSTOMS CLEARANCE, MEET OUR TOUR GUIDE/DRIVER WHO WILL TAKE YOU TO START THE TOURS BY USING TOURIST COACH OR VAN. TRANSFER TO THE RESTAURANT FOR YOUR LUNCH. DEPART TO PARAPAT ALONG THE ROAD WHICH OFFERS THE ENDLESS VIEW OF RUBBER AND OIL PALMS PLANTATIONS THROUGH THE JOURNEY. STOP SHOULD BE MADE AT PEMATANG SIANTAR FOR SHOPPING OF LOCAL PRODUCT SUCH AS KACANG TUMBUK “TING TING, TENG TENG”, OTHER SNACKS ETC. ARRIVED IN PARAPAT THEN CHECK IN TO HOTEL. THE REST OF THE DAY IS FREE ON YOUR OWN LEISURE. DINNER WILL AT RESTAURANT

    DAY 2 : SAMOSIR ISLAND – BERASTAGI
    BREAKFAST AT HOTEL. BY BOAT / FERRY VISIT TOMOK VILLAGE, TO SEE THE TOMBS OF THE KING OMPU SIDABUTAR & SHOPPING PLACE. AMBARITA VILLAGE, TO SEE THE TRADITIONAL BATAK VILLAGE WITH ANCIENT MEGALITHIC FURNITURES. RETURN TO PARAPAT FOR LUNCH AT LOCAL RESTAURANT. AFTERWARDS PROCEED TO BERASTAGI–A MOUNTAINS RESORT WITH IT’S REFRESHING WEATHER AND MAGNIFICENT MOUNTAINS SCENERY WHICH HAS AN ABUNDANCE OF FLOWERS, VEGETABLES AND FRUITS. EN-ROUTE STOPS AT PANORAMA SIMARJARUNJUNG , SIPISO-PISO WATERFALL. ARRIVED IN BRASTAGI THEN TO VISIT THE CENTRAL FRUITS MARKET (SHOPPING PLACE). AFTERNOON CHECK IN TO HOTEL. DINNER WIL BE SERVED IN RESTAURANT.

    DAY 3 : BERASTAGI – MEDAN
    AFTER BREAKFAST. PROCEED FOR TWO HOURS DOWN THE HILL TO MEDAN. VISIT LUMBINI PARK. ARRIVAL IN MEDAN CITY SIGHT SEEING TO VISIT A SEVERAL INTEREST SUCH AS THE MAIMOON PALACE, AL-MATSHUN GRAND MOSQUE. LUNCH AT THE LOCAL RESTAURANT, AND THEN PROCEED TO THE SHOPPING AREAS AS FOLLOW DANAR HADI BATIK EMPERIUM AND OTHERS WHOLE BATIK SELLERS IN MEDAN, INCLUDING TO PASAR IKAN MARKET AND MALLS. CHECK IN TO HOTEL FOR ACCOMMODATION. DINNER AT RESTAURANT.

    DAY 4 : HOTEL – AIRPORT
    AFTER BREAKFAST AT HOTEL. FREE PROGRAM UNTIL TIME TRANSFER TO THE AIRPORT FOR YOUR FLIGHT HOME.



    SERVICES TERMASUK :
    • TRANSPORT
    • PEMANDU PELANCONGAN
    • HOTEL 3 BINTANG
    • BREAKFAST 3X
    • MAKAN TENGAH HARI 3X
    • DINNER 3X
    • SEWA KAPAN KE SAMOSIR ISLAND
    • KARCIS / TIKET MASUK KE TEMPAT MENARIK
    • MINERAL WATER

    BILA NAK MELAWAT KE MEDAN, SILA CONTACT DAN TEMPAH PAKEJ DI :
    TIARA TOURS INDONESIA
    JLN. PANGLIMA DENAI NO. 76 MEDAN, 20227
    LICENSED : 503/508.SK/IUP/BPW/MM/2011
    TEL/FAX : +6261 - 733 59 765
    EMAIL : tiaratoursindonesia@gmail.com
    HP / WA +6281383535091
    HP / WA +6285358982828
    HP / WA +6285762820068

    TERSEDIA LAYANAN SEWA KERETA DAN BUS PERSIARAN :
    TOYOTA AVANZA (05 ORANG ) MYR 155 / HARI
    SUZUKI ERITGA (05 ORANG ) MYR 155 / HARI
    INOVA REBORN (05 ORANG ) MYR 175 / HARI
    ISUZU ELF (11 ORANG ) MYR 235 / HARI
    TOYOTA HIACE (11 ORANG ) MYR 320 / HARI
    MEDIUM BUS ( 27 ORANG ) MYR 500 / HARI

    NOTE :
    HARGA SEWA KERETA SUDAH TERMASUK :
    • DRIVER
    • PATROL
    • EKSIDENT INSURANCE
    • GOVERNMENT TAX

    BalasHapus