Jumat, 02 September 2016

Wayang Ajen Laris Manis, Tampil di Kecamatan Darma Suguhkan Lakon Satria Darma Sakti


Wayang Ajen makin laris manis. Kelompok wayang golek Sunda yang bermarkas di Bekasi dan dikomandani Wawan S. Gunawan alias Ki Dalang Wawan Ajen ini, tampil dimana-mana tahun ini. Dan kali ini Wayang Ajen mentas di Kabupaten Kuningan. Lakon yang disuguhkan bertajuk Satria Darma Sakti. Entah kebetulan atau tidak, lakonnya itu sesuai dengan nama lokasi mereka tampil yakni di Kecamatan Darma.

“Wayang Ajen pada Sabtu malam atau tanggal 3 September 2016 tampil di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dalam rangka turut menyemarakkan Hari Jadi Kuningan ke-518 tahun ini,” kata Wawan kepada RonaBudaya di Kuningan, Jumat (2/9).


Kata Wawan, penampilan Wayang Ajen di Kuningan merupakan salah satu dukungan atau bantuan Kemenrerian Pariwisata (Kemenpar), khususnya dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara khusus untuk  memeriahkan HUT Kuningan tahun ini.


“Dukungan lainnya berupa promosi kegiatan dengan melibatkan jurnalis atau blogger agar acara ini diliput hingga terekspose luas,” tambahnya.


Lakon Satria Darma Sakti yang ditampilkan kali ini, lanjut Wawan berkisah tentang sosok seseorang yang selama hidupnya dicurahkan untuk mengabdi dengan tulus demi agama, negara dan bangsanya.


“Intinya sosok kesatria pembela kebenaran, penerus generasi kreatif yang cinta damai, dan kesatria yang senantiasa melakukan kebajikan,” terang Wawan.

Darma Sakti itu sambung Wawan artinya kekuatan seorang insan manusia yang berkarakter baik dan selalu mengabdikan darmanya tanpa pamrih untuk keagungan agama, kejayaan negara, dan keutamaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta untuk menuju pradaban dunia.

Dalam lakon ini akan disajikan teknik dan pola pertunjukan gaya baru yang menitik beratkan pada paduan yang harmoni antara nilai tontonan dan nilai-nilai tuntunan moral,” ungkap Wawan membocorkan penampilannya Sabtu malam nanti, tepatnya ba’da Isya atau sekitar pukul 19.30 WIB.


Di samping itu, promosi branding Pesona Indonesia untuk pariwisata Nusantara tentu menjadi target utama dalam pesan moral pertunjukannya.

“Dalam setiap penampilan kami dimanapun, pasti akan mempromosikan branding pariwisata nusantara Pesona Indonesia, lewat ucapan dalang dan bermacam wadah promosi seperti di kaos, topi, spanduk, umbul-umbul, dan baliho yang di pasang di sekitar lokasi acara dan tempat-tempat strategis,” terangnya.


Wawan meyakini sektor pariwisata merupakan sektor yang paling ampuh dalam membangun daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Pariwisata itu dapat menambah lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran dan ujungnya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bahkan devisa negara,” paparnya.

Berdasarkan pengamatan RonaBudaya, setiap tampil Wayang Ajen yang sudah melanglang pentas ke 50 negara dan ratusan kali di dalam negeri ini selalu bersikap kritis atas berbagai kasus dan peristiwa di Tanah Air.


Setiap ada kasus yang tengah hangat, itu akan menjadi menu utamanya namun dikemas dalam gaya pertunjukan khas Wayang Ajen yang  inovatif dan kekinian.


Berkat kemasan seperti itulah, tak heran rasanya kalau Wayang Ajen yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan tingkat nasional dan internasional ini, termasuk kelompok wayang golek Sunda  yang laris manis ditanggap berbagai pihak.

Lihat saja jadual pentasnya sampai akhir tahun ini, heeemmm.., penuh sampai ke wilayah Kalimantan dan Sumatera.


Nah, penasaran seperti apa kemasan Wayang Ajen dan cerita Satria Darma Sakti yang disuguhkan Malam Minggu ini di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan?

Datang dan lihat saja secara langsung. Gratis lho dan ada penampilan penyanyi Pop Sunda Rita Tila dan Yanti Puja serta Prof. Dr. Dadang yang akan menyampaikan pengantar pertunjukan Wayang Ajen.

Oiya, jangan lupa bawa sweater/jaket untuk menghela udara dingin malam.


Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: adji & dok.wayang ajen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar