Minggu, 23 April 2017

Wayang Orang Sriwedari Bakal Semarakkan Kongres Sena Wangi 2017

Sejumlah acara budaya dipastikan akan menyemarakkan Kongres Sena Wangi 2017 yang berlangsung selama 2 hari, tanggal 25-26 April ini, salah satunya pementasan Wayang Orang (WO) Sriwedari dari Solo, Jawa Tengah.

Humas Kongres Sena Wangi 2017, Eddie Karsito dalam undangan terkait peliputan kongres Sena Wangi ke-IX tersebut yang dikirm via WA ke WAG Silaturahmin Forwan (Forum Wartawan Hiburan), Minggu (23/4/2017) menjelaskan pementasan WO Sriwedari akan berlangsung di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta, hari Selasa (25/4) malam, mulai pukul 20.00 – 23.00 WIB.

“Lakon yang dimainkan berjudul Mintaraga,” terang pria yang betah berambut panjang lalu dikepang sampai saat ini.

Menurut Eddie WO Sriwedari merupakan sebuah grup kesenian tradisi paling fenomenal, yang kini usianya menginjak 107 tahun. “Walau terimbas oleh dinamika zaman, namun grup kesenian ini tetap eksis menjaga marwah dan kegemilangannya,” terang wartawan hiburan dan budaya yang juga merambah dunia sinetron dan film ini.

Pemetasan WO Sriwedari di Kongres Sena Wangi tahun ini, sambung Eddie disutradari Agus Prasetyo S.Sn dan Eny Sulistyowati S.Pd sebagai produser.

Pelakon utamanya antara lain Agus Prasetyo S.Sn sebagai Ciptoning, Wasi, Bantolo S.Sn (Kiratarupa), Eny Sulistyowati S.Pd , MM (Batari Supraba), dan Heru Purwanto S.Sn sebagai Batara Guru.

Lakon “Mintaraga” mengisahkan tentang perjalanan Arjuna ketika menjadi pertapa bernama ‘Ciptoning’ (Mintaraga).

Dalam pertapaan, Arjuna banyak menghadapi berbagai ujian dan cobaan oleh Dewa. Hal ini untuk menguji seberapa besar keteguhan hatinya.

Di antara cobaan tersebut, adalah munculnya Bidadari Batara Indra yang menyamar sebagai Resi Padya, hingga hadirnya Batara Guru. Namun keduanya ternyata tak mampu menggoyahkan tekad Arjuna.

Keteguhan inilah yang kemudian mendorong Dewa untuk memilih Arjuna menjadi seorang Kesatria sebagai alat Dewa untuk menumpas keangkaramurkaan; dalam hal ini Niwatakawaca, Raja Raksasa yang berani melawan kodrat -- dengan ingin mempersunting Dewi Supraba.

Dengan tugas ini, Arjuna mendapat julukan Jagoning Dewa. Berbekal pusaka panah Pasopati pemberian Dewa dan Supraba sebagai pendampingnya, Arjuna dapat menumpas Niwatakawaca.

Sebagai imbalan atas jasanya terhadap Dewa, Arjuna diangkat menjadi Raja di Kahyangan Warukandabinangun, dengan julukan Prabu Karitri. Arjuna kemudian dianugerahi istri Sekethi Kurang Sawiji.

Sehari sebelum pementasan, lanjut Eddie ada pelatihan umum menjelang pelaksanaan atau gladi kotor dan gladi bersih pada hari Senin (24/4) pukul 10.00 – 16.00 dan pukul 19.00 – 22.00 WIB.

Tak cuma pementasan WO Sriwedari, Kongres Sena Wangi 2017 juga akan disemarakkan dengan kegiatan beraroma budaya lainnya seperti launching logo baru Triardhika Production pada Senin (24/4) pukul 13.00 – 14.00 WIB.

Kemudian hari Selasa (25/4) pukul 08.00 – 20.00 WIB ada Pameran Wayang Robotik dan Pameran ‘Buku dan Foto Wayang.”

Sejumlah buku yang akan dipamerkan antara lain beberapa buku yang diterbitkan SENA WANGI di antaranya buku ‘Filsafat Wayang Sistematis’, ‘Pendidikan Budi Pekerti dalam Pertunjukan Wayang’, ‘Cakrawala Wayang Indonesia’, ‘The Heritage of Asean Puppetry’, dan buku ‘Ensiklopedi Wayang Indonesia’ yang terdiri dari sembilan jilid.

Pada hari yang sama Selasa (25/4) pukul 09.00 – 13.00 WIB juga ada acara “Sarasehan” dengan menyuguhkan 3 materi pokok yakni Pengukuhan Filsafat Wayang, Pelaksanaan Pancasila dengan Pendekatan Filsafati, dan Sosialisasi Budi Pekerti/Pandangan Nation and Character Building.

Hari terakhir kongres, Rabu (26/4) pukul 09.00 – 10.00 WIB akan digelar Peresmian Pembukaan Kongres IX Sena Wangi 2017.

Acara tersebut akan dihadiri antara lain Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Drs. H. Solichin (Ketua Dewan Kebijakan SENA WANGI), Ketua Presidium APA (ASEAN Puppetry Association), Drs. Suparmin Sunjoyo (Ketua Umum SENA WANGI Demisioner), para Sesepuh, Dewan Kehormatan, Dewan Kebijakan, dan Dewan Pakar Sena Wangi.

Sore harinya, pukul 17.00-19.00 WIB Pengumuman Ketua Umum Terpilih Sena wangi masa bakti 2017-2022 sekaligus Pembacaan Deklarasi Kongres IX Sena Wangi.

“Semua acara Kongres Sena Wangi 2017 akan bertempat di Gedung Pewayangan Kautaman, Belakang Masjid At-Tiin, Jakarta Timur,” pungkas Eddie.

Naskah: adji kurniawan (kembartropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. triardhika production & adji

Captions:
1. Pemain pri utama Wayang Orang (WO) Sriwedari. (foto: triardhika)
2. Penampilan WO Sriwedari di Geung Sriwedari, Surakarta, Solo (foto: adji k.)
3. Para penari perempuan WO Sriwedari (triardhika)
4. Para pemain utama WO Sriwideari usai pentas (triardhika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar